Daftar Isi:
  • Berdasarkan data awal pada tanggal 19 Desember 2018 di SD Negeri Srondol Wetan 02 Banyumanik telah melaksanakan pendidikan karakter salah satunya adalah dengan adanya kegiatan pembiasaan sebelum pelajaran dimulai. Namun dalam pelaksanaan kegiatana masih belum berjalan efektif. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan sekolah berbasis pendidikan karakter di SDN Srondol Wetan 02 Banyumanik. Dalam penelitian ini hal yang penting adalah menumbuhkan sikap religius dalam pendikar siswa. Penelitian berfokus pada Pelaksanaan Pendidikan karakter dalam kegiatan pembiasaan membaca Asmaul Husna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe studi kasus tunggal. Subjek yang diteliti adalah guru dan siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik adalah observasi, wawancara semi terstruktur, dan angket. Teknik keabsahan yang digunakan adalah validitas isi dan triangulasi. Hasil penelitian ini kegiatan pembiasaan membaca Asmaul Husna di SD Negeri Srondol Weran 02 merupakan sebuah metode rutinitas dalam membentuk karakter religius siswa dilakukan setelah apel pagi setiapp hari selasa dan kamis pada pukul 07.15-07.30 dengan durasi 15 menit. Kesimpulannya adalah pelaksanaan pembiasaan sudah berlangsung cukup baik ditandai dengan antusias siswa yakni banyak siswa yang hafal Asmaul Husna dari sebelumnya. Kata kunci : Pendidikan karakter, Pembiasaan Membaca Asmaul Husna.