PENGEMBANGAN RELIGIUSITAS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 1 SEDAN REMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan di SMP N 1 Sedan Rembang. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan religiusitas peserta didik dalam aspek keyakinan, peribadatan, pengamalan, pengalaman dan pengetahuan. Metode yang digunakan adalah studi lapangan (field research). Studi lapangan inin dimaksud untuk mencermati pengembangan religiusitas dalam pembelajaran penddidkan agama islam di smp n 1 sedan rembang. Aspek keyakinan, peribadatan, pengalaman, pengamalan, dan pengetahuan. Strategi pembelajaran guru (metode dan evaluasi), kegiatan keagamaan yang diterapkan disana serta analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan religiusitas peserta didik sudah baik, pada aspek keyakinan dilihat dari cara peserta didik meyakini akan hal yang berkaitan dengan ibadah sholat, membaca Al-Qur’an dan pelaksanaan agama lainnya. Pada aspek peribadatan dilihat dari peserta didik yang disiplin dalam melaksanakan ibadah sholat berjamaah dan sholat sunah, dalam aspek penghayatan dilihat dari pesetya didik melihat kejadian-kejadian disekitar seperti sakit, mati dan kejadian alam, sedangkan pada aspek pengetahuan dilihat dari cara pemahaman materi ajar yang diberi oleh guru PAI. Kata kunci: pengembangan, religiusitas, SMP N 1 Sedan Rembang.