STUDI KRITIS TENTANG KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI PRAMPELAN 1 KECAMATAN SAYUNG KABUPATEN DEMAK
Daftar Isi:
- Tugas guru selain mengajar juga mendidik, tidak terkecuali guru PAI. Menjalankan tugas mulia tersebut diperlukan kompetensi yang memadai, diantaranya adalah kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Pengembangan kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru PAI sangat diperlukan agar dapat menjalankan tugasnya dengan efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kompetensi kepribadian guru PAI di SD Negeri Prampelan 1 kecamatan Sayung kabupaten Demak. 2) mendeskripsikan kompetensi sosial guru PAI di SD Negeri Prampelan 1 kecamatan Sayung kabupaten Demak 3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru PAI di SD Negeri Prampelan 1 Kecamatan Sayung Kabupaten Demak, 4) cara mengatasi hambatan dalam pengembangan kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru PAI SD N Prampelan 1 Sayung Demak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif dengan mengambil latar di SD Negeri Prampelan 1 Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Sumber data didapatkan dari guru PAI SDN Prampelan 1 rekan sejawat dan kepala sekolah SD Negeri Prampelan 1 Kecamatan Sayung. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan sistem berpikir induktif untuk menemukan makna-makna dari data yang ada, kemudian untuk menarik kesimpulan secara general. Hasil penelitian menunjukkan 1). kompetensi kepribadian guru PAI SD Negeri Prampelan 1 cukup baik. Indikator dari kompetensi kepribadian guru PAI SD Negeri Prampelan 1 tersebut meliputi; beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, arif dan bijaksana, demokratis, mantap, berwibawa, stabil, dewasa, jujur, sportif, menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat, objektif mengevaluasi kinerja sendiri, mampu mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan. 2). kompetensi sosial guru PAI SD Negeri Prampelan 1 cukup baik. Indikator dari kompetensi sosial guru PAI SD Negeri Prampelan 1 tersebut meliputi; dapat berkomunikasi secara lisan, tulisan, maupun isyarat secara santun, mampu menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional, bergaul secara efektif dengan peserta didik, pendidik, tenaga pendidikan, pimpinan, bergaul secara santun dengan masyarakat sekitar dengan mengindahkan norma serta sistem nilai yang berlaku, dan menerapkan prinsip persaudaraan sejati dan semangat kebersamaan. Adapun faktor yang mempengaruhi kompetensi kepribadian dan sosial guru PAI, adalah faktor internal yaitu motivasi dan faktor eksternal yaitu lingkungan. Kompetensi kepribadian dan sosial akan lebih berkembang, apabila mau terbiasa menerima masukan. Kata kunci: kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, guru PAI