PENINGKATAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL VISUAL AUDITORY KINESTHETIC (VAK) DI KELAS IV SDN CIMOHONG 01 KOTA BREBES
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan meningkatkan kedisiplinan dan prestasi belajar siswa yang dilakukan di SD Negeri Cimohong 01. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas atau PTK yang dilakukan di SD Negeri Cimohong 01 dengan jumlah populasi 31 siswa meliputi 11 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan dengan menggunakan model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic. Pengumpulan data menggunakan lembar angket disiplin yang diberikan di akhir siklus 1 dan 2 serta lembar evaluasi siswa yang diberikan pada setiap pertemuan akhir . Dalam penelitian yang telah dilaksanakan, didapatkan hasil pada siklus 1 di dapatkan hasil dari perhitungan angket siswa yang cukup disiplin berjumlah 7 dan siswa yang disiplin berjumlah 24 dengan presentase 77,41. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa lulus KKM sebanyak 18 siswa dan yang tidak tuntas KKM 13 dengan presentase 58,06% sehingga belum mencapai 85% maka dilanjutkan di siklus II. Pada siklus II terhitung jumlah jumlah siswa yang disiplin ada 30 sehingga mencapai keberhasilan dengan presentase 86,38. Dan untuk prestasi belajar siklus II yang menggunakan model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic lulus KKM ada 27 siswa dan tidak tuntas ada 4 siswa dengan presentase 87,10%. Dari hasil penelitian dapat terlihat bahwa kedisiplinan dan prestasi belajar meningkat, karena sudah melebihi 85%. Kata Kunci : Kedisiplinan, Prestasi Belajar, Visual Auditory Kinesthetic.