PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, SISTEM PENGENDALIAN INTERN, DAN PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN TERHADAP TERCIPTANYA KUALITAS LAPORAN KEUANGAN SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH KABUPATEN SEMARANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris tentang pengaruh kompetensi sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, sistem pengendalian intern dan penerapan standar akuntansi pemerintah terhadap terciptanya kualitas laporan keuangan SKPD Kabupaten Semarang. Manfaat penelitian adalah untuk menjadi sumber informasi dan wawasan serta referensi kepada pihak SKPD dalam mengembangkan sumber daya manusia, teknologi informasi, pengendalian intern dan kepatuhan terhadap standar akuntansi pemerintahan dalam bentuk transparansi dan akuntabilitas dan penelitian ini diharapkan menjadi sumber referensi dalam pengembangan ilmu pengetahuan umumnya mengenai kompetensi sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, sistem pengendalian intern dan penerapan standar akuntansi pemerintah pada SKPD. Jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif interpretif menggunakan data Primer. Populasi dalam penelitian ini Pegawai Negeri Sipil di Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Semarang. Metode pengambilan sampel dengan teknik Purposive Sampling. Didapatkan 68 sampel dari SKPD di Kabupaten Semarang. Metode statistik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda dengan menggunakan bantuan software SPSS. Teknik analisis yaitu Analisis Regresi Linier Berganda. Menggunakan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Pengujian hipotesis Uji t, Uji F, Uji R2, Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, dan Uji Heteroskedastisitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kompetensi Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi informasi, Sistem Pengendalian Intern dan Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan berpengaruh positif signifikan terhadap Kualitas Laporan Keuangan SKPD Kabupaten Semarang, Kata Kunci : Kompetensi sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, sistem pengendalian intern, penerapan standar akuntansi pemerintah, dan kualitas laporan keuangan.