Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh corporate social responbility, profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage dan likuiditas terhadap agresifitas pajak pada perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015 sampai dengan 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015 sampai dengan tahun 2017. Sampel perusahaan dalam penelitian ini dipilih dengan metode purposive sampling, sehingga didapatkan sampel sebanyak 52 x 3 = 156 perusahaan manufaktur. Teknik pengujian data adalah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang didapatkan dari Bursa Efek Indonesia (BEI) serta menelusuri laporan tahunan yang terpilih menjadi sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang mempunyai pengaruh signifikan negatif terhadap agresifitas pajak adalah corporate social responbility, variabel yang mempunyai pengaruh signifikan positif adalah ukuran perusahaan dan leverage sedangkan variabel profitabilitas dan likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap agresifitas pajak. Kata kunci : agresifitas pajak, corporate social responbility, profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, dan likuiditas