Pengaruh Perencanaan Pajak, Corporate Social Responsibility, dan ukuran perusahaan terhadap Praktek Manajemen Laba (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018)
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah menguji tentang pengaruh Perencanaan Pajak, Corporate Social Responsibility (CSR) dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba. Populasi penelitian ini yaitu perusahaanmanufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018. Berdasarkan metode purposive sampling dihasilkan 63 perusahaan manufaktur sebagai sampel penelitian. Teknik analisis dalam penelitian dengan analisis regresi linear berganda menggunakan IBM SPSS 26. Berdasarkan hasil penelitian ini membuktikan bahwa perencanaan pajak dan ukuran perusahaan berpengaruh posistif dan signifikan terhadap manajemen laba. Sedangkan corporate social responsibility (CSR) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap manajemen laba. Kata Kunci : Perencanaan Pajak, Corporate Social Responsibility (CSR), Ukuran Perusahaan, Manajemen Laba.