PENGARUH PROFITABILITAS DAN SIZE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN EMISI GAS RUMAH KACA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Periode 2016-2018)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti secara empiris mengenai pengaruhprofitabilitas dan size terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan emisi gas rumah kaca sebagai variabel intervening. Nilai perusahaan sangat penting untuk diteliti karena sangat berkaitan dengan keberlangsungan hidup suatu perusahaan.Penelitian ini mengembangkan penelitian sebelumnya yang pernah dilakukan oleh Anggraeni (2015), Najah (2012), Matsumura (2014), Luo dan Tang (2014), Chen et al (2014), Jannah dan Muid (2017), Irwhantoko (2016), I Gusti dan Ketut (2016), Pratiwi (2018), Thaib dan Dewantoro (2017), Indriyani (2017), dan Suwarno et al (2017). Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Data yang digunakan berupa data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan dan laporan keuangan perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia pada tahun 20162018. Sampel sebanyak 14 perusahaan dengan pengambilan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil uji asumsi klasik normal, tidak terjadi multikolinearitas, tidak terjadi heterokedastisitas, dan terbebas dari autokorelasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa profitabilitas berpengaruh positif tidak signifikan terhadap pengungkapan emisi gas rumah kaca , sedangkan size berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan emisi gas rumah kaca. Profitabilitas berpengaruh postif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, size berpengaruh positif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, dan pengungkapan emisi gas rumah kaca berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Sementara itu, pengungkapan emisi gas rumah kaca tidak bisa memediasi pengaruh profitabilitas dan size terhadap nilai perusahaan. Kata kunci: pengungkapan emisi gas rumah kaca, profitabilitas, size, nilai perusahaan