Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Corporate Governance terhadap Internet Financial Reporting
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi internet yang sangat cepat, komunikasi melalui internet telah diadopsi oleh sektor bisnis sebagai alat yang penting untuk memberikan informasi kepada stakeholder. Faktor-faktor karakteristik perusahaan dan corporate governance diprediksi dapat mempengaruhi luasnya publikasi informasi dengan media internet. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, likuiditas, leverage, aktivitas dewan komisaris dan aktivitas komite audit terhadap Internet Financial Reporting. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2018. Dengan metode purposive sampling diperoleh data sebanyak 106 perusahaan manufaktur. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari laporan keuangan tahunan dan laporan tahunan. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan Regresi Linear Berganda dengan menggunakan software SPSS 25.0. Hasil penelitian 0ƒ•� ukur”�� V�-â¿P•—n�ƒ ì? uh positif dan signifikan terhadap Internet Financial Reporting, profitabilitas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Internet Financial Reporting, likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Internet Financial Reporting, leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap Internet Financial Reporting, aktivitas dewan komisaris berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Internet Financial Reporting, aktivitas komite audit berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Internet Financial Reporting . Kata Kunci : Karakteristik Perusahaan, Corporate Governance, Internet Financial Reporting