PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK BARANG DALAM PRAKTEK JUAL BELI ONLINE
Daftar Isi:
- Banyaknya bisnis - bisnis yang dilakukan oleh pelaku usaha dalam media online, maka banyak pula hak - hak konsumen yang terabaikan. Oleh karena itu, pada era globalisasi dan perdagangan bebas saat ini, hak - hak konsumen yang terabaikan oleh pelaku usaha perlu dicermati secara seksama. Dengan banyaknya bermunculan berbagai macam produk barang dan/atau pelayanan jasa yang dipasarkan kepada konsumen, baik melalui promosi, iklan, maupun penawaran secara langsung. Jika tidak berhati - hati dalam memilih barang dan /atau jasa yang diinginkan, konsumen hanya akan menjadi objek eksploitasi dari pelaku usaha yang tidak bertanggung jawab. Mengetahui perlindungan hak - hak yang diterima oleh konsumen atas pelanggaran - pelanggaran yang dilakukan pelaku usaha melalui media online, dan penerapa sangsinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan yuridis normatif yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekundernya sebagai dasar untuk diteliti dengan cara mengadakan penelusuran terhadap peraturan dan literature yang berkaitanb dengan permasalahan yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian penulis dapat diketahui bahwa : pelaksanaan transaksi online, para pihak harus menjalankan prinsip - prinsip diatas dengan baik dan konsisten. Penerapan sanksi hukum atas pelaku usaha melalui media online. Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Produk Barang, Media Online.