Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi aljabar yang ditinjau dari gaya belajar kolb siswa kelas VIIb MTs Assyafi’iyyah Talun Kecamatan Kayen Kabupaten Pati tahun ajaran 2020/2021.Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi untuk memperoleh data siswa, metode tes tertulis bertujuan untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu : (1) menyatakan peristiwa sehari-hari kedalam model matematika, (2) merepresentasikan benda nyata kedalam gambar, (3) menyatakan peristiwa sehari-hari kedalam bentuk model matematika, (4) menggungkapkan kembali suatu uraian matematika kedalam bahasanya sendiri, (5) merepresentasikan benda nyata kedalam bentuk matematika. Metode angket untuk mengetahui gaya belajar siswa, dan metode observasi untuk mengamati aktivitas siswa selama prosespembelajaran. Kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gaya belajar kolb yakni komunikasi matematis ditinjau dari gaya belajar diverger sudah bisa memenuhi empat indikator kemampuan komunikasi matematis. Kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gaya belajar assimilator sudah mampu memenuhi 2 indikator yaitu pada indikator kemampuan menyatakan peristiwa sehari-hari kedalam model matematika dan kemampuan merepresentasikan benda nyata kedalam gambar matematika. Kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gaya belajar konverger adalah belum sepenuhnya bisa memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematis yang telah ditentukan. Subjek hanya mampu mengerjakan pada indikator menyatakan peristiwa sehari-hari kedalam bentuk model matematika. Kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar akomodator subjek hanya mampu memenuhi 2 indikator yaitu pada indikator kemampuan menyatakan peristiwa sehari-hari kedalam model matematika dan kemampuan merepresentasikan benda nyata kedalam gambar matematika. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa, Aljabar, Gaya Belajar Kolb