ANALISIS METAKOGNISI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS BERDASARKAN TAHAP POLYA
Daftar Isi:
- Metakognisi merupakan bentuk dari kesadaran serta kontrol yang dilakukan seseorang terhadap hasil berpikirnya sendiri dalam mengembangkan perencanaan, pemantauan, dan penilaian ketika memecahkan suatu masalah. Tahapan pemecahan masalah Polya dapat mengarahkan siswa untuk menyadari bagaimana proses berpikirnya dalam memahami masalah, membuat rencana penyelesaian, melakukan penyelesaian, dan memeriksa kembali. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan mengenai proses metakognisi siswa kelas IX MTs Sudirman Bantal dalam memecahkan masalah Pythagoras berdasarkan tahap Polya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan model Milles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Subjek penelitian berjumlah 6 siswa yang dipilih dengan purposive sampling dari siswa kelas IX A MTs Sudirman Bantal dimana terdiri dari 2 siswa kategori tinggi, 2 siswa kategori sedang, dan 2 siswa kategori rendah. Pengambilan data penelitian menggunakan tes tertulis dan wawancara. Tes dan wawancara digunakan untuk mengetahui lebih mendalam mengenai proses metakognisi siswa dalam memecahkan masalah teorema Pythagoras berdasarkan tahap Polya. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan subjek dengan kategori tinggi dapat membuat perencanaan, mampu memonitor hasil kerjanya, dan mampu mengevaluasi hasil dalam memecahkan masalah. Subjek dengan kategori sedang mampu membuat perencanaan, mampu memonitor hasil kerjanya, namun belum mampu mengevaluasi hasil dalam memecahkan masalah. Subjek dengan kategori rendah sudah dapat membuat perencanaan, namun belum mampu memonitor hasil kerjanya, serta belum mampu mengevaluasi hasil dalam memecahkan masalah. Kata kunci : Metakognisi, Pemecahan Masalah, Tahap Pemecahan Masalah Polya.