Daftar Isi:
  • Penelitian ini berfokus pad pemgembangan media interaktif prezi tema 6 “Energi dan Perubahannya” subtema 2 “Perubahan Energi”. Kurangnya ketersediaan media pembelajaran interaktif prezi dan pembelajaran tema 6 energi dan perubahannya subtema 2 perubahan energi membuat siswa sulit memahami materinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media interaktif prezi pada pembelajaran tema 6 subtema 2 di kelas 3 sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model yang dikemukakan oleh Triagaraian & Sivassilam (1974) model Four-D yang dikemukakan yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas 3 sekolah dasar. Hasil dari produk akhir ini adalah media pembelajaran ini dikemas dalam bentuk CD/DVD. Dengan kelayakan media pembelajaran interaktif prezi diketahui lewat uji validasi ahli yang terdiri dari 3 validator yaitu 2 validator akademisi (dosen) dan 1 validator praktisi (guru), hasil dari uji validasi ahli pada kriteria isi dan tujuan mendapatkan hasil rata-rata 0,11111 masuk dalam kriteria sangat layak, kriteria kualitas instruksional mendapatkan hasil rata-rata 0,08642 masuk dalam kriteria sangat layak, dan untuk kriteria kualitas teknik mendapatkan hasil rata-rata 0,07407 masuk dalam kriteria layak. Secara keseluruhan media pembelajaran interaktif prezi tema 6 subtema 2 di kelas 3 sekolah dasar sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: Media, Pembelajaran, Interaktif, Prezi