PENGARUH STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH, SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, KOMPETENSI STAF AKUNTANSI, DAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH
Daftar Isi:
- Standar akuntansi pemerintah, sistem pengendalian internal, kompetensi staf akuntansi, dan sistem informasi akuntansi akan membantu meningkatkan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh standar akuntansi pemerintah, sistem pengendalian internal, kompetensi staf akuntansi, dan sistem informasi akuntansi terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah . Populasi dalam penelitian ini adalah 44 Dinas-dinas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kudus yang dibagikan kepada 102 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu metode purposive sampling dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program aplikasi SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa standar akuntansi pemerintah tidak berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah, sedangkan sistem pengendalian internal, kompetensi staf akuntansi dan sistem informasi akuntasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Kata kunci : Standar Akuntansi Pemerintah, Sistem Pengendalian Internal, Kompetensi Staf Akuntansi, Sistem Informasi Akuntansi, dan Kualitas Laporan Pemerintah Daerah.