PENGEMBANGAN BUKU PENDAMPING BERBENTUK BUKU SAKU MATERI KERAGAMAN SUKU DAN BUDAYA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini berfokus pada pengembangan buku saku materi keragaman suku dan budaya di kelas IV. Pelaksanaan pembelajaran hanya memanfaatkan buku paket dan gambar sehingga kurangnya pemahaman peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar yang layak, praktis, serta efektif untuk meningkatkan peserta didik dalam materi keragaman suku dan budaya. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan prosedur ADDIE meliputi lima tahapan analysis, design, develop, implement, dan evaluate. Berdasarkan hasil penelitian, buku saku memperoleh skor rata-rata 0,90 dan termasuk dalam kriteria layak. Hasil respon guru memperoleh skor rata-rata 46 dengan presentase 92%, sedangkan skor rata-rata respon peserta didik yaitu 92% sehingga dinyatakan sebagai buku pendamping yang praktis. Nilai rata-rata peserta didik meningkat berdasarkan hasil pre-test dan post-test dengan hasil uji gain sebesar 0,65 menunjukan buku pendamping berbentuk buku saku dapat meningkatkan pemahaman dengan kriteria sedang. Kata Kunci : Buku prndamping, buku saku, keragaman suku dan budaya