ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM MENGADAKAN VARIASI MENGAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SD NEGERI GEBANGSARI 03
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengadakan variasi mengajar pada pembelajaran tematik Kelas IV di SD Negeri Gebangsari 03. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah analisis. Instrument yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi, penyajian data, dan consclusion drawing. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Triangulasi teknik dengan cara wawancara dan observasi. Berdasarkan analisi data hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam mengadakan variasi suara, kontak pandang, membuat kesenyapan sejenak, perubahan posisi guru sudah melakukan dengan baik. Pola interaksi antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa sudah terjalin dengan baik. Namun ada kendala dalam pemilihan dan penggunaan media pembelajaran. Sehingga pembelajaran terkesan monoton dan membosankan. Keyword : Keterampilan, variasi mengajar