Daftar Isi:
  • Penelitian berfokus pada penerapan nilai – nilai nasionalisme di SD Srondol Wetan 02. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penerapan nilai nilai nasionalisme di SD Srondol Wetan 02. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui wawancara, angket, dan dokumentasi yang dianalisis dengan langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai nasionalisme pada siswa telah ditanamkan oleh kepala sekolah serta guru-guru yang mengajarkan, membina serta membimbing para siswa dalam maupun diluar jam kegiatan belajar mengajar di sekolahan. Cara penerapan jiwa-jiwa nasionalisme di sekolah SDN Srondol Wetan 02 yaitu dengan melaksanakan upacara apel setiap pagi hari, memutarkan lagu – lagu nasionalisme sebelum masuk dalam kegitan belajar mengajar, melaksanakan kegiatan upacara pada Hari Senin dan saat memperingati hari besar nasional, kegiatan berbagai macam ekstrakulikuler yang wajib diikuti oleh para siswa. Penerapan nasionalisme juga diajarkan pada saat kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh setiap guru kelas masing-masing. Penerapan tersebut dapat dajarkan melalui buku tema yang memuat nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: Penerapan, Nilai-Nilai, Nasionalisme