Daftar Isi:
  • Mahasiswa saat ini adalah generasi Z atau generasi milenial yang sudah familiar dengan teknologi. Oleh karena itu guru harus mengikuti perkembangan teknologi terkini dan internet agar siswa lebih tertarik. Banyak siswa tidak tertarik atau termotivasi untuk belajar berbicara. Siswa tentunya memiliki rasa kurang percaya diri saat berbicara di depan kelas atau saat mendapat tugas berbicara. Keyakinan sangat penting untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam berbicara bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang keefektifan vlogging untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam berbicara bahasa Inggris. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Sampel penelitian ini adalah 86 siswa kelas 10 di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang yang berminat pada vlogging. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki persepsi yang positif terhadap keberadaan vlog untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam berbicara bahasa Inggris. Kesimpulannya, berbicara bahasa Inggris saat ini adalah hal yang baik untuk dikuasai, dan cara memperbaikinya bisa dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan vlog. Kata Kunci: Persepsi Siswa, Berbicara Bahasa Inggris, Vlogging