Daftar Isi:
  • Fokus penelitian pada kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi pengurangan pada siswa kelas II SD Negeri 3 Tanggung Kec. Tanggungharjo yang meliputi kesalahan, penyebab, dan solusi menyelesaikan soal cerita matematika materi pengurangan siswa kelas II SD Negeri 3 Tanggung, Kec. Tanggungharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Adapun tempat penelitian ini dilakukan di SD Negeri 3 Tanggung, Kec. Tanggungharjo, yang terletak di Jl. Raya Tanggungharjo-Tegowanu, Desa Tanggung, Kec. Tanggungharjo, Kab. Grobogan. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan, yaitu dari bulan Oktober 2019 sampai bulan November 2019. Adapun jumlah siswa kelas II SD Negeri 3 Tanggung, Kec. Tanggungharjo adalah 12 siswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan dua teknik yaitu tes dan non tes. Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka beberapa hal yang perlu penulis sarankan demi meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada umumnya untuk mengatasi kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pengurangan bilangan ratusan, terdapat beberapa alternatif pemecahan terhadap kesalahan-kesalahan yang dilakukan untuk menyelesaikan soal cerita yang disajikan untuk setiap jenis kesalahan adalah alternatif pemecahan jenis kesalahan interpretasi bahasa, alternatif pemecahan jenis kesalahan konsep alternatif pemecahan jenis kesalahan teknis/berhitung. Kata kunci: Soal cerita matematika, materi pengurangan