Daftar Isi:
  • Berdasarkan observasi yang telah di lakukan pada peserta didik kelas V SDN Turitempel, diketahui proses pembelajaran masih menggunakan metode konvensioanal dan kurang bervariasi. Oleh karena itu, perlu dikembangkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa, salah satunya menggunakan model pembelajaran Course Review Horay. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap minat dan prestasi belajar PKn siswa pada kelas V SD Negeri Turitempel. Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif dan jenis yang digunakan adalah Quasy experimental dengan jumlah sampel sebanyak 52 siswa diambil menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan soal evaluasi. Uji prasyarat menggunakan: (1) uji normalitas, (2) uji homogenitas. Uji hiptesis menggunakan: (1) uji paired samples t-test, (2) uji independent samples t-test. Dalam penelitian yang telah dilaksanakan, minat belajar didapatkan nilai t hitung 3,656 > t tabel 2,068 dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, artinya ada pengaruh terhadap minat belajar siswa. Sedangkan prestasi belajar mendapatkan nilai t hitung 4,129 > 2,068 dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, artinya ada pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran course review horay terhadap minat dan prestasi belajar PKn pada siswa kelas V SD Negeri Turitempel. Kata Kunci: Model Course Review Horay, Minat, dan Prestasi Belajar.