EFEKTIVITAS LOKASI SHELTER BERDASARKAN BANGKITAN DAN TARIKAN PENUMPANG BUS RAPID TRANSIT TRANS SEMARANG KORIDOR I (MANGKANG-PENGGARON)
Daftar Isi:
- Kota Semarang mempunyai sistem transportasi yang relatif baru yaitu Bus Trans Semarang. Salah satu permasalahan transportasi ini adalah penempatan lokasi shelter yang tidak strategis yang menyebabkan ketidak-efektifan shelter untuk menampung penumpang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat efektivitas lokasi shelter bus berdasarkan nilai bangkitan dan tarikan penumpang Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang Koridor I. Metode analisis penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif Rasionalstik dengan alat analisis Distribusi Frekuensi. Hasil penelitian ini menunjukan sebagian besar penempatan lokasi shelter jalur koridor I Bus Trans Semarang sudah tepat. Terbukti dengan 72 shelter berpotensi dengan berpegang pada nilai bangkitan dan tarikan penumpang. Kata Kunci: Shelter, Bangkitan Penumpang, Tarikan Penumpang