Daftar Isi:
  • BPJS merupakan badan jaminan kesehatan yang diadakan pemerintah dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan. Hasil penelitian sebelumnya, ada beberapa mutu pelayanan antara pasien BPJS dan Non BPJS sakit yang masih kurang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya perbedaan mutu pelayanan antara pasien BPJS dan Non BPJS di poli gigi RSUD Sunan Kalijaga Demak. Penelitian dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah Sunan Kalijaga Demak menggunakan metode observasi analitik dengan rancangan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dengan teknik accidental sampling dan jumlah sampel 78 responden yang dibagi 2 yaitu 39 responden BPJS dan 39 responden Non BPJS. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan skor SERVQUAL mutu pelayanan antara pasien BPJS dan Non BPJS. Hasil analisis skor gap berdasarkan dimensi yaitu kehandalan skor gap -0,7 dan -0,9, bukti nyata skor gap -0,5 dan -0,6, ketanggapan skor gap -0,9 dan -1, jaminan skor gap -0,4 dan -0,4 dan empati -0,4 dan -1,1 memperoleh skor nilai sig (p) yaitu (p<0,05) yang menunjukkan perbedaan yang bermakna. Kesimpulan ada perbedaan mutu pelayanan pasien Non BPJS dan pasien BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Sunan Kalijaga Demak. Kata kunci : mutu pelayanan Non BPJS, BPJS