PENGARUH METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS PADA PESERTA DIDIK KELAS II SDN PRAMPELAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Membaca dan Menulis Pada Peserta Didik Kelas II SD N Prampelan Demak. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Quasi Eksperimental dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas 29 peserta didik kelas eksperimen dan 26 peserta didik kelas kontrol. Berdasarkan hasil output Uji T yaitu Uji Perbedaan dua rata-rata (Uji Independent Sample T-Test) untuk keterampilan membaca, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan hasil output Uji T yaitu Uji Perbedaan dua rata-rata (Uji Independent Sample T-Test) untuk keterampilan menulis memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka sesuai dasar pengambilan keputusan hipotesis dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap Keterampilan Membaca dan Menulis Peserta Didik Kelas II SD N Prampelan Demak. Kata Kunci : Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Keterampilan Membaca, Keterampilan Menulis