Daftar Isi:
  • Tujuan dari diakukannya penelitian ini adalah untuk menetahui apakah ada perilaku guru memiliki pengaruh terhadap sikap terutama kesopanan siswa kelas VI SDN Sembungharjo 02. Pendekatan yang digunakan dalam penelita ini adalah diskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis instrument. Instrument yang digunakan adalah wawancara, angket dan observasi. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan adalah Reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data digunakan teknik triangulasi yang meliputi triangulasi teknik dan sumber. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa perilaku guru diketahui melalui berbagai temuan-temuan diantaranya, guru berpartisipasi dalam kegiatan siswa, guru juga memberikan reward atau hadiah kepada siswa, guru berikap acuh terhadap siswa yang menggunakan bahasa sarkasme, guru memulai pembelajaran tepat waktu dan memberikan sesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan pendapatnya, dan yang terakhir diterapkannya budaya Senyun, Salam dan Sapa. Dari analisis instrument pula dapat diketahui bahwa perilaku guru berpengaruh terhadap kesopanan siswa, hal ini terbukti dengan adanya temuan – temuan yang Adanya timbal balik yang mana ketika guru memberikan reward maka siswa akan mengucapkan terimakasih, siswa yang masih menggunakan tutur bahasa yang kurang sopan dikarenakan guru yang acuh, ketika guru memulai pembelajaran tepat waktu dan memberikan sesempatan siswa mengungkapkan pendapatnya membuat siswa mau mengakui dan meminta maaf atas kesalahannya, dan ketika sekolah atau guru menerapkan budaya senyum, salam, dan sapa membuat siswa senantiasa menyapa dan memberikan salam. Kata Kunci : Pengaruh, Perilaku guru, Kesopanan siswa