PENGARUH BULLYING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS 5 SD NEGERI PAKIS KECAMATAN TAMBAKROMO KABUPATEN PATI
Daftar Isi:
- Penelitian berfokus pada pengaruh dari terjadinya bullying terhadap prestasi belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas tiga SD Negeri Pakis Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati. Akhir-akhir ini dalam dunia pendidikan sedang marak dengan adanya kasus bullying, baik bullying fisik, verbal, relasional dan cyber bullying. Tindakan bullying mempunyai pengaruh terhadap korbannya. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh bullying terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan menggunakan tiga teknik dalam pengambilan data yaitu wawancara, angket dan observasi. Teknik analisis data dari penelitian meliputi uji coba instrumen dalam uji coba instrumen diambil uji validitas ahli dari dua dosen FKIP UNISSULA serta satu guru kelas. Berdasarkan hasil penelitian, masih banyak terjadi tindakan bullying yang didapat oleh siswa. Kemudian temuan pada penelitian ini adalah sebagai berikut: masih banyak siswa yang menjadi korban bullying, terdapat beberapa siswa yang terpengaruh oleh tindakan bullying yang mempengaruhi pada prestasi belajar siswa, serta ada siswa yang tidak terpengaruh prestasi belajarnya oleh tindakan bullying yang dialaminya Kata Kunci : Bullying, Prestasi Belajar