PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KONEKSI MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN PRAMPELAN
Daftar Isi:
- Menurut Hasratuddi, kemampuan koneksi matematik adalah kemampuan seseorang dalam memperlihatkan hubungan internal dan eksternal matematika, yang meliputi koneksi antar topik matematika, koneksi dengan disiplin ilmu lain, dan koneksi dengan kehidupan sehari-hari. Kemampuan ini secara umum dan khususnya di SDN Prampelan Demak masih tergolong rendah. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya motivasi belajar peserta didik pada saat pembelajaran matematika berlangsung. Untuk mengantisipasi masalah tersebut, salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan mendesain pembelajaran sedemikian rupa, sehingga kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik dan peserta didik menjadi termotivasi untuk belajar lebih baik, salah satunya adalah dengan menerapkan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar peserta didik. Kegiatan permbelajaraan dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) akan lebih variatif dan menantang peserta didik untuk mampu berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen tepatnya quasi experimental design). Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 56. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan contextual teaching and learning (CTL) terhadap koneksi matematis dan motivasi belajar siswa Kelas IV SDN Prampelan Demak. Hasil penelitian menunjukkan nilai dari Sig. (2-tailed): 0,000 yang berarti bahwa H0 ditolak yang berarti Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa pendekatan contextual teaching and learning pada Matematika untuk kelompok eksperimen dapat berpengaruh terhadap kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar siswa dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Kata Kunci: Koneksi matematis, motivasi belajar, pendekatan contextual teaching and learning (CTL)