HUBUNGAN PROMO POTONGAN HARGA 1 RUPIAH OVO PADA APLIKASI GRAB CUSTOMER DAN KESADARAN MEREK DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA OVO DI KOTA SEMARANG
Daftar Isi:
- OVO merupakan aplikasi e-wallet baru, untuk meningkatan jumlah pengguna dan kesadaran merek, OVO melakukan promo potongan harga 1 rupiah dalam aplikasi Grab Customer. Permasalah penelitian ini yaitu bagaimana hubungan promo potongan harga 1 rupiah OVO pada aplikasi Grab Customer dan kesadaran merek dengan keputusan pembelian pengguna OVO di Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan promo potongan harga 1 Rupiah dalam aplikasi Grab Customer dan kesadaran merek dengan keputusan pembelian pengguna OVO di Kota Semarang. Paradigma penelitian ini menggunakan paradigma positivisme, dengan teori AIDA dan teori brand awareness. Tipe penelitian ini adalah kuantitatif dengan hasil berupa angka yang diolah menggunakan program SPSS 25 dengan teknik analisis uji korelasi rank spearman. Penelitian ini menggunakan sampel 100 responden yang berdomisili di Kota Semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa potongan harga berhubungan signifikan dan cukup dengan keputusan pembelian dengan hasil korelasi rank spearman menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 maka nilai Sig.(2-tailed) 0,000< 0,05 dan hasil perhitungan korelasi 0,456, sedangkan uji hipotesis yang menghasilkan r-hitung 0,456> r-tabel 0,196, maka hipotesi dapat diterima sehingga terdapat hubungan positif antara variabel potongan harga dengan variabel keputusan pembelian. Kemudian kesadaran merek berhubungan secara signifikan dan kuat terhadap keputusan pembelian dengan hasil uji korelasi rank spearman menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 maka nilai Sig.(2-tailed) 0,000< 0,05 dan hasil perhitungan korelasi 0,759, sedangkan uji hipotesis yang menghasilkan r-hitung 0,759> r-tabel 0,196, maka hipotesis diterima sehingga terdapat hubungan yang positif antara variabel kesadaran merek dengan variabel keputusan pembelian. Rekomendasi penelitian, diharapkan peneliti selanjutnya dapat mencari sampel penelitian yang sudah aktif menggunakan aplikasi e-wallet sehingga hasil penelitian yang didapat bisa berhubungan sempurna antar variabelnya Kata Kunci: Potongan Harga, Kesadaran Merek, Keputusan Pembelian