Daftar Isi:
  • De Tolomadoe merupakan objek wisata yang memanfaatkan bangunan bekas pabrik gula dimana objek wisata De Tjolomadoe tetap mempertahankan struktur bangunan serta mesin dan alat-alat bekas peninggalan pabrik ditampilkan dengan tampilan yang lebih menyegarkan. Mempertahankan wujud asli bangunan bersejarah merupakan keunikan dari objek wisata De Tjolomadoe. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menemukan persepsi pengunjung terhadap objek wisata De Tjolomadoe. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan metode deduktif kuantitatif rasionalistik dengan alat analisis Distribusi Frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan pengunjung yang datang ke objek wisata De Tjolomadoe di dominasi oleh pengunjung berumur dewasa dengan rentnag usia 21 tahun sampai 50 tahun. Informasi mengenai lokasi objek wisata didapatkan melalui media sosial atau internet dan pengunjung menunjukkan ketidakpuasan terhadap keberagaman fasilitas sarana dan prasarana di objek wistaa. Persepsi pengunjung terhadap atraksi, aksesibilitas, amenitas, dan acillary service cukup memuaskan tetapi perlu adanya perbaikan atau pengembangan pada sarana prasarana wisata seperti mushola. Serta diperlukan melakukan kerjasama dengan pihak lain untuk menarik kunjungan melalui acara budaya atau sosial lokal, nasional, dan internasioal. Kata Kunci : De Tjolomadoe, Persepsi, Atraksi