PEMBELAJARAN INKLUSIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI KELAS 4C SEKOLAH DASAR ALAM AR-RIDHO
Daftar Isi:
- Kondisi di Indonesia menunjukkan bahwa perilaku diskriminasi selama pembelajaran inklusif masih marak terjadi dikarenakan lemahnya pemahaman civitas akademik terhadap konsep pendidikan inklusif. Namun, berdasarkan kutipan media dan pernyataan orang tua alumni, SD Alam ar-Ridho memiliki track record yang baik dalam mengelola kelas inklusif dengan berlndaskan nilai-nilai Islam. Oleh karena itu, skripsi ini disusun untuk mengetahui perancanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran inklusif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas 4C SD Alam ar-Ridho, baik pada sub-aspek pembelajaran umum maupun pembelajaran khusus. Penelitian ini disusun dengan metode penelitian kualitatif deskriptif menggunakan tiga metode pengumpul data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, beserta metode triangulasi data untuk menguji validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran inklusif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas 4C SD Alam ar-Ridho menunjukkan kondisi sangat baik, serta pelaksanaan dan evaluasi menunjukkan kondisi baik. Hal yang perlu ditingkatkan adalah upaya preventif untuk mencegah kendala yang mungkin ada dalam mencapai tujuan pembelajaran inklusif. Kata kunci: pembelajaran inklusif, pendidikan agama islam, sekolah alam