Daftar Isi:
  • Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh beberapa kendala dan manfa’at dalam proses pembelajaran Aqidah Akhlak, di antaranya adalah: (1) peserta didik kurang memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru karena bosan atau kurang tertarik dengan metode dan media pembelajaran yang digunakan (2) kefahaman materi peserta didik yang masih kurang (3) metode pair check dalam pembelajaran Aqidah Akhlak ini memberikan kesempatan peserta didik untuk saling berdiskusi, sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian dalam hal ini adalah menjelaskan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi metode pair check dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MI As-Syuhada’ Tlogosari Kulon Pedurungan Semarang. Penelitian ini menggunakan field research atau penelitian lapangan. Sumber data yang diperoleh penulis dari sumber data primer dan data sekunder, seperti sejarah berdirinya sekolah, visi misi, suasana pembelajaran Aqidah Akhlak kelas VI dan data yang diperoleh dari observasi. Selanjutnya data-data tersebut dianalisis. Data yang sudah diperoleh dan analisis, proses pembelajaran dimulai dengan: (1) menyesuaikan kompetensi dasar dengan standar kompetesi, capaian hasil belajar dengan kompetensi dasar, materi dengan indikator hasil belajar, metode dengan indikator, (2) pembelajaran pada kegiatan awal, yaitu salam, apersepsi dan prites, (3) kegiatan inti, menjelaskan metode dan materi yang dilaksanakan, kemudian dilanjutkan dengan pembagian kelompok dan penerapan metode pair check, (4) kegiatan akhir yaitu refleksi. Kata kunci: implementasi, metode pair check, pembelajaran Aqidah Akhlak .