EFEKTIVITAS METODE ONE DAY ONE COLOUR PADA PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI SD ISLAM PANGERAN DIPONEGORO SEMARANG
Daftar Isi:
- Metode merupakan salah satu aspek penting yang dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan suatu pembelajaran. Begitupula pada pelaksanaan pembelajaran tahfidzul Qur’an, guru membutuhkan metode yang dapat memudahkan peserta didiknya untuk menghafal dan prosesnya menyenangkan. SD Islam Pangeran Diponegoro Semarang menerapkan metode one day one colour pada pembelajaran tahfidzul Qur’an. Metode ini menjadi cara alternatif dalam menghafal al-Qur’an yang lebih menyenangkan bagi peserta didik sekolah dasar. Rumusan masalah yang ada pada penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan metode one day one colour, bagaimana kemampuan menghafal peserta didik, dan bagaimana efektivitas metode one day one colour pada pembelajaran tahfidzul Qur’an di SD Islam Pangeran Diponegoro Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif sehingga teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yakni dengan langkah-langkah sebagai berikut: Mengumpulkan data-data yang diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian menyususn data yang diperoleh sesuai urutan, dan yang terkakhir adalah melakukan interpretasi terhadap data yang ada untuk menjawab rumusan masalah sebagai hasil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan metode one day one colour pada pembelajaran tahfidzul Qur’an di SD Islam Pangeran Diponegoro Semarang berjalan dengan baik, lancar dan menyenangkan. (2) Kemampuan menghafal peserta didik menggunakan metode one day one colour adalah baik. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta didik yang dapat mencapai target yakni 80%. (3) Metode one day one colour efektif diterapkan pada pembelajaran tahfidzul Qur’an di SD Islam Pangeran Diponegoro Semarang. Hal ini dibuktikan dengan pembelajaran yang berlangsung dengan lancar serta menyenangkan dan hasil dari penerapan metode tersebut menunjukkan hal baik yakni 80% peserta didiknya dapat mencapai target yang ditentukan. Kata kunci: Efektivitas, Metode One Day One Colour, Pembelajaran Tahfidzul Qur’an.