Daftar Isi:
  • Metode talaqqi merupakan metode yang sangat cocok bagi anak-anak pemula apalagi yang belum bisa membaca dengan baik sesuai lafad dan mahrojnya. Menerapkan metode talaqqi dalam proses belajar menghafal al-Quran agar lebih mudah bagi anak-anak dalam menghafal. karena menyetorkan atau memperdengarkan hafalan yang baru dihafal kepada seorang guru instruktur Untuk mengetahui peningkatan hafalan al-Quran peserta didik di SDIT Ulul Al-bab Weleri. Untuk mengetahui efektivitas metode talaqqi dalam meningkatkan hafalan al-Quran di SDIT Ulul Al-bab Weleri. Penulis melakukan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penulis mengumpulkan data penelitian dengan menggunakan metode observasi, metode angket dan metode dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, penulis menggunakan analisis pendahuluan, analisis uji hipotesis dan analisis lanjut. Hasil penelitian ini Pelaksanaan metode talaqqi dan Peningkatan hafalan peserta didik dengan intensites tertinggi yakni intensitas sangat baik. Oleh sebab itu pelaksanaan metode talaqqi dalam meningkatan hafalan al-Quran peserta didik di kelas III dan IV di SDIT Ulul Al-bab Weleri adalah sangat baik. Ada pengaruh positif antara metode talaqqi terhadap peningkatan hafalan al-Quran peserta didik Ada pengaruh yang signifikan antara metode talaqqi dengan hafalan al-Quran peserta didik di SDIT Ulul Al-bab Weleri. Kata kunci : Efektivitas, Metode Talaqqi, Hafalan Al-quran.