Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengamati pengaruh antara tingkat kedisiplinan shalat tasbih dengan kecerdasan emosional santri di Pesantren Putri As-sa’adah Semarang Tahun 2020. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Adakah pengaruh antara tingkatkedisiplinan shalat tasbih dengan kecerdasan emosional. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti akan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini peneliti menghitung data dengan menggunakan rumus product moment. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakansimple random samplingdengan jumlah 40 santri. Sedangkan teknik pengumpulan data peneliti menggunakan instrumen angket, wawancara dan observasi. Dalam pengujian hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan shalat tasbih dengan kecerdasan emosional di Pesantren Putri As-sa’adah Semarang Tahun 2020. Setelah dilakukan uji diketahui r0= 0,560 sedangkan koefisien korelasi pada tabel rt = 0,312 pada taraf signifikan 5% r0 >rt, 0,560>0,312, sehingga hipotesis alternatif (H0) ditolak sedangkan hipotesis (Ha) diterima, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan shalat tasbih dengan kecerdasan emosional di Pesantren Putri As-sa’adah Semrang. Dengan demikian hiotesis yang diajukan penulis diterima (signifikan). kata kunci : kedisiplinan shalat tasbih, kecerdasan emosional