PENGARUH MEDIA INTERNET TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 3 SEMARANG
Daftar Isi:
- Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar pada peserta didik, dimana prestasi belajar peserta didik merupakan tolok ukur dalam belajar sejarah kebudayaan Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui sejauh mana pengaruh media internet terhadap prestasi belajar sejarah kebudayaan Islam di SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang yaitu 98 pengambilan sampel menggunakan metode nonprobability sampling jadi sampelnya sebanyak 98 orang orang responden sedangkan pengumpulan datanya dengan angket analisis data menggunakan analisis deskriptif analisis kuantitatif uji hipotesis Uji T dan uji F. Hasil penelitian membuktikan ada pengaruh media internet terhadap prestasi belajar sejarah kebudayaan Islam hasil rata nilai media internet dengan nilai rata-rata sebesar 35,2 hasil penghitungan nilai interval masuk dalam kategori interval 33-36 dengan klasifikasi baik sedang hasil dari prestasi belajar yaitu mempunyai nilai rata-rata 81,34 setelah di klasifikasi nilai predikat interval kategori 79-85 dengan klasifikasi cukup baik. Untuk uji T mempunyai nilai sebesar 11,272>1.98 sedangkan untuk nilai uji F mempunyai nilai sebesar 127,05>3.94 dari hasil tersebut dapat diambil Suatu kesimpulan bahwa media internet berpengaruh positif terhadap prestasi belajar sejarah kebudayaan Islam pada SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang. Kata Kunci: Media internet, Prestasi belajar.