PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MEMBANGUN MANAJEMEN LEMBAGA BERKARAKTER DAN SISTEMIK DI SMP ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG
Daftar Isi:
- Di era pendidikan karakter saat ini lembaga pendidikan dituntut melahirkan generasi yang memiliki karakter yang baik, peran kepala sekolah sebagai supervisor di lembaga pendidikan dinilai sangat penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan berkarakter dan selain mewujudkan lembaga pendidikan yang berkarakter kepala sekolah juga memiliki tugas sebagai manajer untuk menyusun program kelembagaan secara sistemik. Manajemen Lembaga Berkarakter Dan Sistemik (MLBS) merupakan tata kelola kelembagaan yang saat ini dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam membangun manajemen lembaga berkarakter dan sistemik di SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang. Dimana di SMP tersebut merupakan salahsatu sekolah yang telah melaksanakan MLBS, sehingga penulis mengambil penelitian di sekolah tersebut. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumetasi. Adapun hasil yang peneliti dapatkan dalam penelitian peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam membangun manajemen lembaga berkarakter dan sistemik yang pertama adalah kepala sekolah dapat melaksanakan tugasnya sebagai supervisor secara baik, kedua pelaksanan manajemen lembaga berkarakter dan sistemik dapat berjalan dengan lancar, serta yang ketiga adalah kepala sekolah dapat melaksanakan tugas sebagai supervisor sekaligus manajerial karena keduaanya saling mendukung. Kata Kunci : Kepala Sekolah, Supervisor, Manajemen Lembaga, Berkarakter dan Sistemik.