ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (STUDI KASUS: UMKM Dua Jago)
Daftar Isi:
- Pemasaran adalah suatu proses kegiatan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor sosial, budaya, politik, ekonomi dan manajerial. Industri makanan semakin berkembang di daerah Kabupaten Tegal. UMKM Dua Jago merupakan perusahaan yang bergerak di bidang usaha makanan yaitu memproduksi kerupuk mie. Berdasarkan data penjualan kerupuk mie UMKM Dua Jugo selama tahun 2018 mengalami penjualan yang tidak stabil, hanya mencapai target sekali selama tahun 2018, yaitu bulan Mei. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor – faktor yang mempengaruhi pemasaran kerupuk mie serta menentukan strategi untuk meningkatkan pemasaran dari kerupuk mie tersebut. Metode yang digunakan adalah SWOT dan QSPM. Hasil penelitian pada matrik IFAS atau faktor internal terdapat 13 kekuatan dan 10 kelehaman dengan skor 3,53. Sedangkan hasil matrik EFAS atau faktor eksternal terdiri dari 8 peluang dan 7 ancaman dengan skor 3,68. Oleh karena itu, UMKM Dua Jago berada pada Sel 1 yaitu posisi Growth. Dimana Strategi yang cocok adalah strategi intensif yang terdiri dari penetrasi pasar, pengembangan pasar serta pengembangan produk. Sedangkan berdasarkan matrik SWOT menghasilkan 9 strategi alternatif, dari kesembilan strategi tersebut berdasarkan analisis QSPM yang menjadi strategi prioritas dalam meningkatkan pemasaran adalah strategi memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk pemasaran dengan membuat leaflet promosi dapat dilakukan di media sosial. Kata Kunci: Keupuk mie, UMKM, Pemasaran, SWOT, QSPM