HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN KOMUNIKASI DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA KARYAWAN PT.DJARUM KUDUS

Main Author: Ristriyanti, Mahalina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unissula.ac.id/1801/1/Cover.pdf
http://repository.unissula.ac.id/1801/2/Abstrak.pdf
http://repository.unissula.ac.id/1801/3/Daftar%20Isi.pdf
http://repository.unissula.ac.id/1801/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.unissula.ac.id/1801/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan menguji secara empirik hubungan antara kepuasan komunikasi dengan organizational citizenship behavior (OCB). Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan antara kepuasan komunikasi dengan OCB. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Karl Pearson. Kancah penelitian adalah karyawan PT.DJARUM KUDUS. Sampel penelitian berjumlah 100 orang. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling random sampling. Variabel kepuasan komunikasi dan OCB diungkap dengan menggunakan skala yaitu skala kepuasan komunikasi dan skala OCB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Hal ini dapat dilihat dari hasil koefisien korelasi diperoleh rxy=0.265 dan Flinier = 7.407 dengan p=0.008 (p<0.01), Rsquare = 0,070. Sumbangan efektif kepuasan komunikasi terhadap OCB adalah 7 persen, sedangkan 93 persen dipengaruhi oleh faktor lain.