Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecanduan Game Online dengan penyesuaian sosial pada remaja. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas sepuluh SMA “X” dengan sampel berjumlah 81 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Skala yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala penyesuaian sosial terdiri dari 30 aitem dengan daya beda aitem tinggi sebesar 0,349 sampai 0,585 dan memiliki reliabilitas 0,880 dan skala kecanduan Game Online terdiri dari 15 aitem dengan daya beda aitem tinggi sebesar 0,407 sampai 0,714 dan memiliki reliabilitas 0,887. Teknik analisis data menggunakan analisis product moment. Hasil uji hipotesis diperoleh skor rxy sebesar -0,073 dengan signifikansi 0,258 (p > 0,05). Hal ini menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara kecanduan Game Online dengan penyesuaian sosial pada remaja, artinya hipotesis ditolak. Kata Kunci: Penyesuaian Sosial, Kecanduan Game Online, Remaja