Daftar Isi:
  • Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang angkatan 2017. Variabel tergantung pada penelitian ini adalah prokrastinasi akademik. Variabel bebas pada penelitian ini adalah regulasi diri. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif korelasional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 114 mahasiswa aktif. Penelitian ini menggunakan 2 skala alat ukur yaitu, skala regulasi diri dan skala prokrastinasi akademik. Skala regulasi diri berjumlah 28 aitem dengan rentang daya beda 0,303-0,588 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,875. Skala prokrastinasi akademik berjumlah 21 item dengan rentang daya beda 0,326-0,707 dan koefisien reliabilitas 0,883. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu product moment dengan program SPSS versi 21.0 for windows. Hasil uji hipotesis menunjukkan ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara regulasi diri dengan prokrastinasi akademik, dimana korelasi rxy = -0,785 dengan taraf signifikansi p = 0,00 (p < 0,01). Kata kunci: regulasi diri, prokrastinasi akademik