PENGARUH PEER EDUCATOR TERHADAP PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI SD N KEMBANGARUM 4 MRANGGEN
Daftar Isi:
- Latar Belakang : Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) adalah sekumpulan perilaku yang di lakukan dari hasil pembelajaran yang menjadikan seseorang untuk penyaluran aspirasi menjaga kesehatan dan mewujudkan lingkungan masyarakat yang sehat. Penggunaan pendidikan kesehatan demonstrasi peer educator untuk meningkatkan perilaku sehat seseorang. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh peer educator terhadap perilaku hidup bersih dan sehat pada anak usia sekolah dasar di SD N Kembangarum 4 Mranggen Demak. Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Design yang digunakan adalah Quasi experiment with control group pre test post test. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Jumlah responden sebanyak 34 responden yaitu 19 responden kelas 6 dan 15 responden kelas 5 dengan menggunakan Total sampling. Hasil Data yang diperoleh diolah secara statistik menggunakan uji Wilcoxon Sign Rank Test. Hasil : berdasarkan hasil analisis data diperoleh dari 34 responden sebagian besar jenis kelamin perempuan 58,8%. Sebagian besar berusia 11 tahun. Hasil analisis distribusi median pre dan post intervensi adalah 78,00 dan 86,50. Hasil analisis uji Wilcoxon didapatkan p- value 0,000. Simpulan : terdapat pengaruh peer educator terhadap perilaku hidup bersih dan sehat pada anak usia sekolah dasar di SD N Kembangarum 4 Mranggen Demak Kata kunci : Anak usia sekolah dasar, perilaku hidup bersih dan sehat Daftar pusataka : 52 (2001-2018)