PENGARUH PEMBELAJARAN METODE BERMAIN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK ISLAM AL-FATTAH SEMARANG
Daftar Isi:
- Latar Belakang : Anak usia dini merupakan individu yang sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan sangat pesat. Lemahnya fungsi perkembangan kognitif mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak, salah satu stimulasi untuk mengembangkan perkembangan kognitif anak adalah bermain puzzle. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran bermain puzzle terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di TK Islam Al-Fattah Semarang. Metode : Penelitian ini merupakan jenis eksperimen dengan desain pre-eksperimen, menggunakan metode one group pre post test design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan tehnik total sampling dengan jumlah 18 responden. Instrumen yang digunakan yaitu puzzle dan indikator perkembangan kognitif. Analisa data menggunakan uji Wilcoxon, karena data dari penelitian ini berskala kategorik. Hasil : Berdasarkan hasil penelitian, perkembangan kognitif responden sebelum bermain menunjukkan kategori berkembang sesuai harapan (BSH) 7 responden (38.9%), dan setelah bermain menunjukkan kategori berkembang sesui harapan (BSH) 9 responden (50.0%), berkembang sangat baik (BSB) 9 responden (50.0%) dengan frekuensi yang sama, dan didapatkan nilai value 0,001 < 0,05. Simpulan : Simpulan penelitian ini menunjukkan ada pengaruh metode pembelajaran bermain puzzle terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di TK Islam Al-Fattah Semarang. Kata kunci : Metode Pembelajaran, Bermain Puzzle, Perkembangan Kognitif. Daftar Pustaka : 31 (2009-2019)