HUBUNGAN ANTARA PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN LOYALITAS PASIEN DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG
Daftar Isi:
- Latar belakang : Perilaku caring perawat menjadi salah satu hal yang penting dalam suatu pelayanan keperawata. hal ini selalu menjadi tututan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan agar masyarakat mendapatkan pelayanan yang baik dan berkualitas tinggi. Dalam menilai suatu pelayanan yang baik salah satunya yaitu harus memperhatikan perilaku caring dan sopan santun terhadap pasien agar pasien menjadi loyal terhadap pelayanan rumah sakit tersebut. Metode : Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengumpulan data menggunakan total sampling dengan menggunakan kuesioner dan lembar chack list kepada responden berjumlah 104 pasien. Data penelitian ini diolah dengan menggunakan uji spearman dari SPSS. Hasil : Dari data karakteristik responden dalam penelitian ini dengan jumlah 104 responden 37,5% responden berumur 36-45 tahun, 67,3% responden berjenis kelamin perempuan, 58,7% responden berpendidikan SD. Kesimpulan dan Saran : Penelitian ini menunjukkan data bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku caring perawat dengan loyalitas pasien di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang dengan p-value 0,000 atau p-value <0,05 dan untuk keeratan hubungan tergolong rendan (0,397) serta arah hubungan positif. Berdasarkan hasil penelitian perawat diharapkan lebih meningkatkan perilaku caring yang baik untuk meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit. Kata kunci : Perilaku caring, loyalitas pasien Daftar pustaka : 40 (2002-2018)