Daftar Isi:
  • Latar Belakang: Model pembelajaran perguruan tinggi di Indonesia saat ini sudah semakin berkembang dari model pembelajaran konvensional, Cooperative Learning tipe jigsaw salah satunya dimana menitikberatkan mahasiswa untuk berlatih secara kelompok yang diarahkan untuk membangun komunikasi yang efektif di dalam kelompok. Dengan model ini, akan meningkatkan kemampuan kognitif atau berfikir kritis dalam pemecahan masalah. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi pengaruh model cooperative learning tipe jigsaw terhadap kemampuan kognitif pada mahasiswa. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif pre eksperimental dengan pendekatan post-test only with control group design. Jumlah responden sebanyak 28 mahasiswa S1 semester I dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah modul pembelajaran dan soal MCQ. Data yang diperoleh diolah secara statistik dengan menggunakan uji mann whitney. Hasil: Berdasarkan hasil analisa data dari 28 responden penelitian, sebagian besar berusia 19 tahun sebanyak 15 responden (53,6%). Dari hasil uji diiperoleh mean kelompok eksperimen sebesar 85,71 sedangkan mean kelompok kontrol sebesar 60,71. Hasil uji bivariat kemampuan kognitif didapatkan nilai p value 0,013. Kesimpulan: Ada pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe jigsaw terhadap kemampuan kognitif mahasiswa S1 semester I di FIK Unissula. Kata Kunci : Cooperative Learning, Jigsaw, Kemampuan Kognitif Daftar Pustaka : 55 (2005-2019)