PENGARUH EDUKASI DENGAN KOMBINASI VIDEO ANIMASI DAN MENDONGENG TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SDN GEBANGSARI 01 SEMARANG
Daftar Isi:
- Latar Belakang : Anak – anak usia 6 -11 tahun potensial mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut. Salah satu penyebab nya adalah kurangnya pengetahuan. Pengetahuan dibutuhkan untuk meningkatkan informasi dengan media pembelajaran yang menyenangkan. Oleh karena itu, dengan pemberian edukasi sedini mungkin salah satunya dengan kombinasi video animasi dan mendongeng dapat meningkatkan pengetahuan anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh edukasi kesehatan dengan kombinasi video animasi dan mendongeng terhadap tingkat pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak usia sekolah. Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif pre eksperimental dengan rancangan one group pretest – posttest design. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner kesehatan gigi dan mulut yang terdiri dari 8 pertanyaan. Jumlah responden sebanyak 56 dengan teknik kuota sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan uji Wilcoxon yang menunjukkan hasil terdapat pengaruh karena menggunakan video animasi berdurasi 10 menit dan mendongeng 15 menit. Hasil: Hasil uji Wilcoxon didapatkan p-value 0,022 (<0,05). Hal tersebut menjelaskan bahwa ada pengaruh peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak usia sekolah dengan kombinasi video animasi dan mendongeng Simpulan dan saran : Edukasi dengan kombinasi video animasi dan mendongeng dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan. Peneliti selanjutnya dapat menggunakan 2 kelompok yaitu intervensi dan kontrol supaya dapat melihat perbandingan. Kata kunci : pengetahuan, anak usia sekolah, kesehatan gigi dan mulut, video animasi, mendongeng Daftar pustaka : 79 (2007 – 2019)