Daftar Isi:
  • Latar Belakang: Manusia merupakan makhluk sosial, dalam berinteraksi sosial ada beberapa yang bisa menghambatnya diantaranya adalah penggunaan gadget. Dalam beberapa penelitian penggunaan gadget memiliki dampak terhadap interaksi sosial, didapatkan hasil bahwa dampak penggunaan gadget pada anak usia 5-6 tahun yaitu kurangnya komunikasi antara teman sebayanya, karena terlalu fokus untuk memainkan gadget. Metode: Penelitian ini merupakan studi deskriptif analitik, menggunakan tekhnik purposive sampling dengan jumlah responden 106. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Tekhnik analisa data menggunakan uji Sommers’d. Hasil: hasil analsis univariat penggunaan gadget terbanyak dalam kategori sedang dengan 78 responden (73,6%) dan dengan interaksi sosial maladaptif sebanyak 61 respondeng (57,5%), rata-rata usia 9-12 tahun, serta jenis kelamin paling banyak terdapat pada laki-laki dengan 60 responden (56,6%). Hasil bivariat uji Sommers’d penggunaan gadget dengan interaksi sosial didapatkan hasil p= 0,202 (P> 0,05) dan nilai koefisien korelasi -0,120. Simpulan: Tidak ada hubungan antara penggunaan gadget dengan interaksi sosial pada anak usia sekolah. Kata kunci: Hubungan antara penggunaan gadget dengan interaksi sosial pada anak usia sekolah.. Daftar pustaka: 59 (2007-2018)