Daftar Isi:
  • Latar Belakang : mahasiswa tingkat akhir yang mngerjakan skripsi seringkali menemukan hambatan setiap mengerjakan skripsi, sehingga bisa menyebabkan stress akademik yang dapat berpengaruh pada skripsi dan timbulkan keadaan menunda-nunda atau prokrastinasi dalam mengerjakan skripsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi hubungan antara stres akademik dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang sedang skripsi Metode : Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan melibatkan 66 responden. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan teknik total sampling dan desain spearman rank Hasil : hasil analisa univariate jenis kelamin terbanyak laki-laki (%), dengan rata-rat program studi perwncanaan wilayah dan kota (%), serta angkatan terbanyak tahun 2015 (%). Hasil dari analisa bivariate dengan uji spearman rank didapatkan nilai signifikan p 0,007 (p < 0,05), menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat stres dengan tingkat prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi, dengan korelasi r 0,372 menunjukkan bahwa tingkat kekuatan korelasi rendah/lemah dengan arah korelasi positif , sehingga kedua variable tersebut bersifat searah. Simpulan : terdapat hubungan antara tingkat stres dengan tingkat prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang menyusun skripsi di Semarang. Kata kunci : tingkat stres, tingkat prokrastinasi akademik Daftar pustaka : 40 (2009 - 2019)