PENGARUH STORYTELLING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL GENDER PADA ANAK USIA DINI DI TK ISLAM SULTAN AGUNG 4 SEMARANG
Daftar Isi:
- Latar Belakang : peran gender sejak usia dini sangat ketat kaitannya dengan Pembelajaran mengenai peran gender pembelajaran harus bersifat nyata dan berorientasikan pada kegiatan bermain menggunakan Storytelling, agar dapat mudah dipahami. Metode : Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pre-eksperimental One Grup Pre Test and Post test Design. Pengukurannya dilakukan sebelum dan sesudah dilakukan intervensi atau perlakuan. Tehnik pengambilan sampel pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode total sampling dengan jumlah 24 responden menggunakan Uji Mc Nemar. Hasil : Usia responden tertinggi yaitu pada murid yang berusia 5 tahun berjumlah 13 dengan persentase (50.0%), jumlah kemampuan mengenal Gender sebelum diberikan storytelling tertinggi sebanyak 22 responden dengan persentase (84,6%). Simpulan dan Saran : Ada pengaruh antara Storytelling dengan kemampuan mengenal gender pada anak usia dini dengan P value 0,001( p value <0,005) Kata Kunci : Storytelling, Gender, Anak Usia Dini. Daftar pustaka : 38 (2008 – 2017)