Daftar Isi:
  • Latar Belakang: Pelayanan syariah di bidang keperawatan merupakan pelayanan yang akan diberikan oleh perawat sesuai pada qur’an dan hadits yang mampu meningkatkan kepuasan pada pasien yang ada di rumah sakit dan dijalankan sesuai dengan indikatornya. Tujuan dari penelitian untuk mengidentifikasi adakah hubungan pelayanan syariah di bidang keperawatan dengan kepuasan kerja perawat di RSI Sultan Agung Semarang. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner jumlah responden 96 dengan teknik simple randome sampling. Data yang diperoleh diolah menggunakan uji Spearman. Hasil: Penelitian menunjukkan pelayanan syariah di bidang keperawatan dengan kategori baik terdapat 47,9% responden yang menyatakan puas, 27,1% responden yang menyatakan cukup puas, dan 4,2% responden yang menyatakan tidak puas. Pada pelayanan syariah di bidang keperawatan dengan kategori cukup 7,3% responden yang menyatakan puas, 7,3% responden yang menyatakan cukup puas, dan 6,3% responden yang menyatakan tidak puas. Simpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara pelayanan syariah di bidang keperawatan dengan kepuasan kerja perawat di RSISA Semarang dengan p-value 0,000 (p-value <0,05) dan keeratan hubungan yaitu sedang (0,401) serta arah hubungannya positif. Kata kunci: Pelayanan syariah di bidang keperawatan, kepuasan kerja perawat. Daftar Pustaka: 58 (2008-2018)