Daftar Isi:
  • Latar Belakang: PBL (Problem Based Learning) yaitu mahasiswa menggali informasi terkait masalah yang ada dengan bukti ilmiah. Mengasah kemampuan aktualisasi diri dalam metode pemebelajaran dengan seven jump dapat dicapai dengan mengembangkan kemampuan yang dimiliki saat memecahkan masalah.Tujuan penelitian ini mengetahui gambaran aktualisasi diri mahasiswa dalam penggunaan metode PBL (Problem Based Learning) dengan seven jump di Prodi S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah responden sebanyak 207 responden. Hasil: Hasil penelitian diperoleh dari 207 responden, sebanyak 26 responden (12,6%) mempunyai aktualisasi diri tinggi, 101 responden (48,8%) mempunyai aktualisasi diri sedang, 69 responden (33,3%) yaitu mendekati aktualisasi diri dan 11 responden (5,3%) mempunyai aktualisasi diri rendah. Kesimpulan dan Saran: Penelitian ini didapatkan bahwa gambaran aktualisasi diri mahasiswa dalam penggunaan metode PBL (Problem Based Learning) dengan seven jump di Fakultas Ilmu Keperawatan Islam Sultan Agung Semarang terbanyak yaitu kategori sedang. Kata Kunci : Aktualisasi diri, Problem Based Learning, Seven Jump Daftar Pustaka : 33 (2008-2018)