Daftar Isi:
  • Kata Kunci : metode reading guide, ketrampilan membaca sejarah kebudayaan Islam Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, bagaimana pelaksanaan, serta bagaimana evaluasi pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Nurul Amin Lebak Grobogan dengan menggunakan metode reading guide. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kulaitatif, yaitu dengan cara menganalisis dan mengumpulkan data melalui wawancara dengan yang bersangkutan, observasi secara langsung dilapangan, dan dokumentasi. Subjek dari peneliti ini adalah guru pengampu mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Hasil penelitian menunjukan cara dan langkah – langkah yang dilakukan olrh guru dalam mengajar dengan menggunakan metode reading guide yaitu guru menerapkan metode reading guide dengan mengambil materi – materi yang bersangkutan melalui buku LKS, peristiwa yang ada disekitar. Berdasarkan dari hasil penelitian, dapat disimulkan bahwa penggunakan metode reading guide dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam yang dilakukan oleh guru, ini sudah sangat baik untuk peserta didik.